roster beton secondary skin
roster beton

Mengenal Roster Beton dan Penggunaannya untuk Sebuah Hunian

Posted on

kitasipil.com – Berbagai hunian baru terus berkembang pesat di Indonesia. Hal ini akan memberi nuansa baru dari perancangan bangunan tersebut. Terlebih Indonesia memiliki topis, sehingga desain rumah dapat menyesuaikan dengan iklim tersebut.

Semua hunian tentunya ingin memiliki fasad yang menarik, salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan roster beton. Penggunaan roster beton sangat cocok di Indonesia, karena dapat memperlancar sirkulasi udara, dan pencahayaan alami ke dalam rumah.

Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu apa itu roster beton, dan fungsinya apa bagi sebuah banguan. Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Apa itu Roster Beton?

Roster beton adalah sebuah blok ventilasi yang terbuat dari beton atau dengan sebutan lubang angin beton. Diluar negari roster beton dikenal dengan nama concrete block. Karena terbuat dari beton, pastinya lebih kokoh dibanding jenis-jenis ventilasi lainnya seperti roster kayu, roster GRC, roster tanah liat dan bebrgai jenis lainnya. Di era sekarang ini, berbagai hunian modern di Indonesia sangat tertarik memasang roster beton sebagai fasad rumah sehingga terkesan minimalis dan banyak fungsi.

Dilansir di tokopedia, Roster Beton rata-rata dijual 10.000-20.000 per buah, dengan ukuran 20 cm x 20cm dengan ketebalan 10 cm. Harga roster beton berbeda tergantung lokasi penjualan dan model yang ditawarkan.

Fungsi-Fungsi Roster beton

Adapun roster beton memiliki beragam fungsi bagi sebuah bangunan:
1. Fungsi Ekterior

roster beton secondary skin
Roster beton untuk fasad rumah

Dengan mengadaptasikan roster beton ke rumah anda, tentunya hal tersebut akan memberi kesan indah untuk di tamu dan mata pemilik rumah. Namun hal tersebut tidak layak cocok untuk fungsi struktur bangunan.

Bangunan tua yang ingin drinovasi kembali agar menarik juga cocok mengaplikasikan roster beton. Hal tersebut akan menambah nuansa baru bagi bangunan tersebut karena telah terpasang roster beton sebagai secondary skin atau kulit kedua dari bangunan tersebut.

2. Fungsi lingkungan

roster beton
Roster Beton untuk menyaring cahaya masuk ke dalam rumah

Untuk mendukung sinar matahari yang terang di siang hari dan memperlancar sirkulasi udara masuk kedalam rumah, roster beton mampu membuat hal tersebut menjadi nyata bagi rumah anda.

Roster beton membuat cahaya yang masuk kedalam rumah tidak terlalu terang karena akan terhalang oleh kisi-kisi rosrten beton, sehingga suhu udara di rumah tetap sejuk. Hal tersebut juga dapat menghemat pemakaian lampu dan AC di siang hari.

3. Fungsi Dekorasi Interior

roster beton sebagai perabot
Roster beton sebagai furniture di dalam rumah

Selain memilki fungsi eksterior yang dapat mempercantik bangunan dari luar, roster beton juga memiliki dapat mempercantik bangunan dari dalam.

Kini banyak rumah yang mengaplikasi roster beton sebagai taman di dalam rumah dan mengubahnya layak perabot di rumah anda. Dengan dekorasi yang menarik, hal tersebut akan memberi kesan baru dalam rumah anda.

4. Fungsi Alternatif Dinding Bangunan

roster beton pengganti didnding bata
Roster beton sebagai dinding bangunan

Dinding bangunan di indonesia, umumnya terdiri dari pasangan batu bata dan plesteran. Namun hal tersebut dapat dimodifikasi dengan memasang roster beton sebagi penggantinya. Hal ini akan menambah nilai estetik pada bangunan tersebut.

Namun setiap roster beton memiliki kelebihan dan kekurangan pada pengaplikasiannya. Hal terebut sama layaknya bahan bangunan lainnya. Untuk info lebih lanjut di bawah ini.

Adapun Keunggulan Roster beton dibanding roster lainnya

  • Lebih kuat dari segi material dibanding roster lainnya
  • lebih tahan terhadap berbagai cuaca

Adapun Kelemahan Roster beton dibanding roster lainnya

  • Sama-sama tidak dapat digunakan sebagai penopang struktur bangunan
  • Lebih berat dibanding jenis roster lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *